Harga Ikan Lele Saat Ini Mampu menjadikan Pembudidaya Lele Meraup Keuntungan

Harga Ikan Lele Saat Ini Mampu menjadikan Pembudidaya Lele Meraup Keuntungan

Budidaya ikan pada saat ini adalah usaha yang sungguh-sungguh menggiurkan, hal hal yang demikian pastinya dikarenakan orang-orang amat hobi mengonsumsi ikan. disamping rasanya yang enak, banyak mengandung zat bergizi di dalamnya. Salah satu budidaya ikan yang menguntungkan ialah budidaya ikan lele. Dengan harga ikan lele yang semakin naik, menyebabkan para pembudidaya bisa memperoleh untung besar.
Harga Ikan Lele
Harga Ikan Lele

Kalau anda ingin mengawali bisnis budidaya, maka kami betul-betul menyarankan anda untuk melakukan budidaya lele. Kenapa kami menganjurkan budidaya ikan lele? Sebab budidaya ikan lele adalah salah satu budidaya yang amat gampang. Sebab, karakter ikan lele dikenal sangat kebal banting, sehingga menyebabkan tingkatan keberhasilannya naik. Pastinya, keuntungan akan anda temukan dengan budidaya lele.

Kelebihan Mengerjakan Budidaya Ikan Lele

Kelebihan yang anda peroleh ketika budidaya ikan lele sangatlah besar. Untuk itu di sini kami akan menjelaskan kepada anda mengenai sedikit banyak kelebihan menjalankan budidaya ikan lele. Sehingga dengan semacam itu anda tidak ragu lagi untuk melakukan usaha ini. Berikut sedikit banyak kelebihan melaukan budidaya ikan lele:

Modal yang Kecil

Harga bibit ikan lele sangatlah terjangkau sehingga anda bisa memulai dengan modal kecil. Mesikipun hanya menggunakan modal kecil, profit yang akan anda dapat cukup besar. Selain harga bibit ikan lele murah, anda juga dapat memakai kolam lele cuma dengan kolam terpal. merancang kolam terpal sangatlah relatif murah.

Budidaya yang Mudah

Selain modal yang dibutuhkan kecil, mengerjakan budidaya ikan lele terbilang betul-betul simpel. Selain yang telah kami jelaskan di atas, bahwa ikan lele mempunyai karakter yang kuat banting, sehingga anda tak perlu takut rugi atau takut budidaya anda gagal karena banyaknya ikan yang mati. Disamping itu, ikan lele juga dapat hidup di zona yang memiliki kepadatan yang tinggi. Sehingga dalam satu kolam anda bisa memasukan banyak ikan lele.

Merupakan Makanan Kesukaan

Ikan merupakan salah satu makanan unggulan banyak orang, termasuk ikan lele. Maka, seandainya melakuka budidaya ikan lele, anda tak perlu takut kalau ikan anda tak akan terjual. Analisa rasa yang lezat serta bentuk yang padat dan lembut, membuat ikan lele menjadi menu kepercayaan banyak orang. Disamping itu, muatan protein yang cukup tinggi juga menjadi salah satu argumen kenapa ikan lele digemari oleh orang-orang.

Analisis Profit dari Harga Budidaya Ikan Lele di Pasaran

Disini kami akan memberikan anda analisa mengenai keuntungan yang akan anda temukan dikala budidaya ikan lele. Untuk contohnya, di sini kami gunakan analisis menerapkan 1000 ekor ikan lele. Untuk melihat laba, pastikan anda harus mengetahui terlebih dahulu modal yang anda perlukan.

Harga bibit ikan lele yang berukuran 3-5 cm ketika ini adalah sekitar Rp 185/ekor. Sehingga modal yang anda perlukan untuk 1000 ekor ialah Rp 185.000. Selain harga bibit ikan lele, kita juga harus menghitung pakan ikan. Per 1000 ekor lele membutuhkan kurang lebih 50kg pakan dengan harga sekitar Rp 10.000/kg. sehingga total untuk pakan ternak yang anda perlukan seharga Rp 500.000. Sesudah dikalkulasi antara modal bibit dan pakan, maka seluruh jumlah modal yang anda perlukan yaitu Rp 685.000.

Sesudah mengitung modal, anda dapat menghitung laba yang anda dapat. Sebab, mungkin terdapat kemungkinan sebagian ikan mati, maka, kita asumsikan tingkat keberhasilannya ialah 90%. Sehingga dari 1000 ekor ikan lele yang bisa dipasarkan yakni 900 ekor. harga jual ikan lele dari peternak menggunakan satuan kilogram. Dalam satu ekor yang siap jual rata-rata memiliki berat sebesar 0,2 kg. Jadi dalam 900 ekor mempunyai berat 180kg.

Sedangkan harga ikan lele saat ini sekitar Rp 20.000/kg. Sehingga pendapatan yang anda peroleh yakni Rp 3.600.000. akhirnya profit kotor yang akan anda temukan menurut modal dan pendapatan yakni Rp 3.100.000. Gimana benar-benar menguntungkan bukan? perlu anda kenal bahwa budidaya dengan 1000 ekor termasuk dalam kelompok kecil. Sehingga anda bisa mencoba lebih dari 1000 ekor dan temukan keuntungan yang lebih besar.

Komentar